Saturday, July 13, 2013

Youth Exchange and Study Buka Program Beasiswa untuk Tamatan SMP

mengenyam pendidikan di Negeri Paman Sam? Tidak perlu lagi kita menunggu sampai lulus dari SMA untuk dapat merasakan belajar di luar Negeri. Pasalnya Departemen Luar Negeri dan kedutaan besar Amerika telah menggelar program beasiswa Youth Exchange and Study (YES). Sebelumnya, program YES ini telah diadakan pada tahun 2002 dan terus berkembang sampai saat ini. Program YES ini telah menyebar di berbagai belahan dunia seperti Mesir, Gaza, Yordania, Kuwait, Lebanon, Malaysia, Nigeria, Pakistan, Suriah, Tunisia, Turki, Yaman termasuk Indonesia.


Untuk kalian yang ingin mencicipi pendidikan di Amerika minimal harus kelas X SMA / sederajat yang berusia 15 - 17 tahun. Selain itu, kalian juga harus memiliki izin dari orang tua dan sekolah untuk mengikuti program ini dan bukan dari warga negara Amerika serta tidak memiliki paspor AS.

Tidak hanya itu, syarat yang lainnya ialah pastikan anda warga Indonesia asli yang sehat secara jasmani dan rohani serta spiritualnya. Program ini juga tersedia bagi mereka yang penyandang disabilitas.

Jika anda sudah memenuhi kriteria diatas, bisa langsung apliaksikan diri anda dengan menghubungi Chapter atau perwakilan program YES yang tersebar di kota terdekat untuk menginformasikan lokasi domisili dan waktu membeli PIN untuk aplikasi program ini. untuk detail domisili Chapter, anda dapat melihat cabangnya di laman aplikasi.

Jika sudah mendapatkan PIN-nya, silahkan daftarkan diri anda secara online di laman aplikasi ini. setelah membuka situsnya, aktifkan PIN-nya dan buat username serta password untuk login pendaftaran. Lalu isilah data lengkap diri anda sebelum tenggat waktu yakni 14 hari sesudah membuat akun login anda.

Jika telah mengisi data lengkap diri, segera anda cetak kartu tanda lolos seleksi, mencetak form permintaan izin orangtua dan mengisinya, mencetak perjanjian akselerasi (untuk siswa kelas akselerasi), dan membawa semua dokumen yang telah dicetak dan dilengkapi ke chapter terdekat untuk diverifikasi dan dikonfirmasi.

Apabila peserta telah lolos dalam tahap dokumen, selanjutnya mereka akan menjalani 3 tes untuk kelayakan mendapatkan beasiswa ini seperti menjalani tes pengetahuan umum (ujian tertulis) , tes wawancara dan dinamika kelompok.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat melihat detailnya melalui laman resmi beasiswa Youth Exchange and Study .

Tunggu apalagi, ayo segera daftarkan diri kalian sebelum kehabisan!

sumber:
http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/beasiswa/youth-exchange-and-study-buka-program-beasiswa-untuk-sma-gabung-yuk.html

0 komentar:

Post a Comment