Salah satu perbedaan yang cukup
signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan
dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan
silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013
kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali
untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan
pendidikan yang bersangkutan.
Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus
sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk
dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama
untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah
(kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun
kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga
diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan
komprehensif dalam memahami seluruh isi silabus yang telah disiapkan
tersebut.
Sementara untuk penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap
menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha
mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan
pemerintah.
Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya
melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini,
diantaranya:
·
Langkah-langkah
pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang
siklus
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada
metode pembelajaran yang dipilih.
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada
metode pembelajaran yang dipilih.
·
Nilai-nilai dalam
pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau
langkah-langkah pembelajaran.
langkah-langkah pembelajaran.
·
Dan yang paling utama,
pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan
sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi
pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru lebih banyak menampilkan perannya sebagai
pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi
pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru lebih banyak menampilkan perannya sebagai
pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
=======
Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan
klik tautan di bawah ini:
0 komentar:
Post a Comment