Tuesday, May 7, 2013

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013


Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 yaitu berkaitan dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum 2006, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan, namun dalam Kurikulum 2013 kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Meski tidak lagi direpotkan membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang guru tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh pesan dan makna yang terkandung dalam silabus, terutama untuk kepentingan operasionalisasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.

Sementara untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rencana Kegiatan Harian) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari guru yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku Babon (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.

Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada nuansa yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama ini, diantaranya:
·         Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara eksplisit dan detil tentang siklus 
          eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada 
          metode pembelajaran yang dipilih.
·         Nilai-nilai dalam pendidikan karakter tidak hanya sekedar “ditempelkan” dalam rumusan tujuan atau 
          langkah-langkah pembelajaran.
·         Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan 
          sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif siswa dalam mengkonstruksi 
          pengetahuan dan keterampilannya. Sementara guru  lebih banyak menampilkan perannya sebagai 
          pembimbing dan fasilitator belajar siswa (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
          =======
Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:



0 komentar:

Post a Comment